Pages

Jumat, 01 Maret 2013

OBYEK WISATA PANTAI AYAH KEBUMEN

- Pantai Ayah -



Terletak 8 Km Selatan Goa JatiJajar. Atau 53 Km dari Kota Kabupaten Kebumen.
Tepatnya di desa/kecamatan Ayah, Merupakan Obyek Wisata Pantai yang memiliki keindahan alam sangat menawan.
Dari kondisinya, yang berada di antara Laut Selatan dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu selatan ini, Merupakan kombinasi atau perpaduan antara Pantai dan Hutan, Seperti itu jarang kita jumpai. Untuk di Jawa Tengah mungkin hanya ada di Kota yang berslogan "BERIMAN" ini.




Pantai Wisatanya cukup luas, apalagi saat ini sudah bebas pandangan, dengan dilarangnya mendirikan wwarung-warung di Sentral Pandangan. Sehingga para wisatawan bisa lebih asyik menikmati pemandangan Yang Ada Tanpa Terganggu Pandangan Yang Kurang Sedap. Selain Pantainya Yang Cukup Lapang, Para wisatawan juga bisa menikmati indahnya Muara Sungai Bodo, Dengan perahu-perahu pesiar yang disediakan para nelayan setempat.


Dengan perahu-perahu tradisional, maupun perahu tempel, kita bisa menelusuri Muara Sungai Bodo yang merupakan pemisah antara wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap.
Selain air Sungai Bodo yang tenang, rimbunnya pohon-pohon Playau di tepian sungai.
Serta lebatnya hutan jati milik Perhutani, menambah indahnya pemandangan.



Pantai Logending atau Pantai Ayah adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di kabupaten Kebumen,Jawa Tengah. Obyek wisata ini cukup terkenal karena  mamadukan antara wisata Hutan dengan wisata bahari, Yaitu Hutan Wisata Logending dan pantai Ayah. Terletak kira – kira 11,5 km ke arah selatan dari Goa Jatijajar atau 10 menit dengan kendaraan pribadi. Pantai Indah Ayah terletak di Desa Ayah Kecamatan Ayah. Pantai Ayah disebut juga pantai Logending. Nama Logending berasal dari kata Lo dan Gending. Lo nama sebuah pohon yang kayunya dapat diracik menjadi alat musik Jawa yang dalam bahasa Jawa disebut Gending, keduanya digabungkan menjadi kata Logending.



Terdapat Bumi Perkemahan Logending dan Hutan Wisata. Daya tarik yang lain adalah Jembatan diatas air sepanjang 554 m yang memudahkan wisatawan melihat langsung indahnya panorama alam dan pantai Logending serta ada wisata perahu kita dapat menaiki perahu itu dengan membayar Rp 5000 Perorangnya. Untuk sampai ke pantai Logending atau pantai Ayah ini kita dapat melalui jalan yang mudah ditempuh dengan melalui jalur Selatan jurusan Jogjakarta – Cilacap. 



Perahu Nelayan

Perahu Nelayan

Pantai ini dapat dikatakan terlengkap dibandingkan pantai-pantai lainnya. Karena diapit oleh dua pegunungan yang membuat pemandangan menjadi begitu indah, pantai ini juga menjadi lahan para nelayan untuk menunjang kehidupan rutinnya sehari-hari. Tiap hari puluhan perahu berjejer di pantai itu, tanpa terkecuali perahu-perahu nelayan yang siap untuk melaut kapan saja. Pemandangan seperti ini merupakan ciri khas dan spesifik pantai nelayan. Di pantai ini, juga terdapat tempat pelelangan ikan dan penangkaran ubur-ubur.




Namun keindahannya tetap saja tidak hilang walaupun daerah ini pernah merasakan getaran Gempa bumi walaupun tidak berdampak Tsunami, yaitu gempa bumi berkekuatan  7,3 Skala richter yang pusatnya di 142 Kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Getaran Gempanya dapat dirasakan oleh masyarakat di kebumen terutama para Nelayan di kawasan Pantai. Di tempat ini selain kita dapat menikmati pantai kita juga dapat menyaksikan matahari tenggelam yang mengagumkan.
Hmmmmm sungguh pemandangan yang indah...... :)





- Terimakasih atas kunjungan dan partisipasi anda -

Dengan anda berkunjung atau berwisata ke Obyek Wisata Goa Petruk, selain anda berlibur bersama keluarga, anda juga ikut serta membantu mengembangkan dan melestarikan keindahan alam di bumi pertiwi kita ini.

Have Fun.. :)
Semoga anda dan keluarga terhibur dan selamat sampai tujuan... :)




1 komentar:

wah baru denger nih, kyaknya menarik untuk di kunjungi. salam, Rental Mobil Malang

Posting Komentar